IKRA-ITH Humaniora : Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 3 No 2 (2019): IKRAITH-HUMANIORA Vol 3 No 2 Bulan JULI 2019

KERENTANAN IKM DIGITAL DI DAERAH (STUDI PADA APLIKASI MILIBEY.COM DI KALIMANTAN TENGAH)

Adiwijaya, Saputra (Unknown)
Ningrum, Pipit Anggriati (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2018

Abstract

ABSTRAKDalam menunjang pemasaran yang efektif bagi IKM di Indonesia mulai dibuat berbagai aplikasi agar parakonsumen bisa membeli produk secara langsung, selain itu juga kondisi global membuat IKM berlomba-lombamemasarkan produknya. Salah satu yang menjadi terobosan dalam menyambut era global bagi IKM diKalimantan Tengah dibuatlah aplikasi milibey.com sebuah aplikasi pemasaran bagi IKM yang dibuat oleh dinasterkait, sejak aplikasi ini di-launching, tidak sepenuhnya bisa berjalan dengan baik. Ada kerentanan secarainternal dan eksternal sehingga aplikasi yang seharusnya menjadi sarana bagi IKM di Kalimantan Tengah untukmemasarkan produknya menjadi terkendala.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerentanan pada aplikasi milibey.com yang mengakibatkan banyakIKM di Kalimantan Tengah tidak berjalan dengan baik, dan hal ini mempunyai dampak bagi pemasaran produkmereka.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan data primerpenelitian didapat melalui wawancara mendalam dengan 7 (tujuh) pelaku IKM yang tergabung dalam groupmilibey.com sebagai key informan dengan teknik purposive sampling.Hasil penelitian menunjukan bahwa pertama, aplikasi milibey.com mampu memberikan pengetahuan bagi parapelaku IKM tentang pemasaran yang efektif bagi produk yang dihasilkan. Kedua, aplikasi ini ternyatamengalami kerentanan secara internal dari sisi pelaku IKM, dan secara eksternal dari dinas terkait yangmembawahi para pelaku IKM. Atas dasar tersebut disarankan adanya kerja sama yang sinergis sehingga IKMdan pihak dinas terkait bisa mengembangkan aplikasi ini yang bisa memajukan IKM yang ada di KalimantanTengah untuk pemasaran produknya.

Copyrights © 2019