AbstrakPenelitian ini memiliki tujuan untuk memahami makna ataupun tujuan di balik teks artikel diinstagram tirto.id yang di posting pada tanggal 21 november 2017, yang berbunyi âMillennial TakSetia Pada Kantornyaâ, dengan menggunakan Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough.Penelitian ini untuk mengetahui âbagaimana konstruksi wacana pemberitaan media online instagramtirto.id di tinjau dari analisis wacana kritis Norman Fairclough. Hasil penelitian menunjukkan bahwahasil analisis, dari aspek analisis teks, terdapat tematik yang di usung sebagai ide utama artikelinstagram tirto.id tersebut. yaitu untuk menyampaikan gagasan bahwa millennial sebagai generasiyang tidak loyal pada perusahaan. Pada aspek analisis produksi teks, di ketahui bahwa teks dalaminstagram tirto tersebut semata â mata digunakan sebagai marketing tools untuk menarik lebihbanyak kunjungan ke website portal tirto.id dan meningkatkan jumlah traffic. Pada aspek analisissosial di ketahui bahwa pemberitaan millennial tak setia tidaklah sepenuhnya benar. Kecenderunganini tentu bisa di lihat dari berbagai sudut pandang. Kenyataanya saat ini banyak generasi millennialyang produktif dan melakukan terobosan.
Copyrights © 2019