IKRA-ITH Humaniora : Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 3 No 1 (2019): IKRA-ITH HUMANIORA Vol 3 No 1 Bulan Maret 2019

MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING USAHA KECIL MENENGAH

Pradnya Paramita, Catarina Cori (Unknown)
Laura, Netty (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2018

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini memandang bahwa Usaha Kecil, dan Menengah (UKM) merupakan salah satubidang usaha strategis yang berperan penting dalam perekonomian Indonesia. Oleh karenapentingnya keberadaan UKM, maka kinerja UKM perlu ditingkatkan agar kontribusi kepadaperekonomian terus meningkat. Peningkatan kinerja UKM juga mendorong keunggulanbersaing UKM yang dipengaruhi berbagai faktor, diantaranya adalah faktor internal yaitukompetensi individu atau para pelaku UKM yang mengarah pada timbulnya inovasi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor dalam mencapaikeunggulan bersaing UKM. Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepadaresponden yaitu UKM di Jakarta Utara dengan menggunakan alat analisis Smart PLS 3. Hasilanalisa data menyebutkan bahwa Kompetensi Individu berpengaruh positif dan signifikanterhadap Inovasi, Kompetensi Individu berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja,Inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja, Inovasi berpengaruh positif dansignifikan terhadap Keunggulan Bersaing, dan Kinerja berpengaruh positif dan signifikanterhadap Keunggulan Bersaing.

Copyrights © 2019