IKRA-ITH Humaniora : Jurnal Sosial dan Humaniora
Vol 3 No 1 (2019): IKRA-ITH HUMANIORA Vol 3 No 1 Bulan Maret 2019

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MENJADI NASABAH PADA BANK NAGARI CABANG JAKARTA

Fauzy, Shanty Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Nov 2018

Abstract

ABSTRAKPerkembangan bisnis bertumbuh pesat di Indonesia termasuk bisnis pada industriperbankan. Agar tidak kalah bersaing bank harus bisa memenangkan hati masyarakat untukmenarik minat menjadi nasabah. Berbagai upaya dilakukan oleh perbankan untukmemenangkan persaingan, namun terlihat dari data pertumbuhan jumlah penabungnya BankNagari Cabang Jakarta mengalami masalah dalam menarik minat masyarakat untuk menjadipenabung dimana terjadi penurunan jumlah nasabah penabung dalam kurun waktu lima tahunterakhir. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yangmempengaruhi minat menjadi nasabah pada Bank Nagari Jakarta.Variabel yang diteliti adalah citra perusahaan, produk tabungan, dan Word of Mouthsebagai variabel yang menjadi penyebab, dan minat masyarakat menjadi nasabah sebagaivariabel akibat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan subjek penelitianadalah calon nasabah penabung pada Bank Nagari Cabang Jakarta dengan sampel 120responden namun kuisioner yang dikembalikan adalah 108 kuisioner. Metode pengumpulandata menggunakan kuisioner dengan Skala Likert, dan alat analisisnya adalah uji validitas, ujireliabilitas, dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS.Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t, uji F, dan uji R square.

Copyrights © 2019