Bioma : Jurnal Biologi dan Pembelajaran Biologi
Vol 1, No 1 (2016): BIOMA : JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA APLLICATION OF GROUP INVESTIGATION LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOME

Novy Eurika, Nadlifa Meiliya Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI PHP 2 di SMK Negeri 5 Jember Tahun 2014/2015 dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation pada pokok bahasan Bioteknologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian teridi dari tes ulangan  harian untuk menilai hasil belajar kognitif, dan lembar observasi untuk menilai hasil belajar afektif dan psikomotor. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  hasil belajar kognitif mengalami peningkatan sebesar 28,16%, hasil belajar afektif mengalami peningkatan sebesar 29,02%, sedangkan hasil belajar psikomotor mengalami  peningkatan sebesar  10,42%.  Dengan  demikian dapat disimpulkan  bahwa  penerapan  model  pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI PHP 2 SMK Negeri 5 Jember tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: Group Investigation, Hasil Belajar

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

BIOMA

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

BIOMA : JURNAL BIOLOGI DAN PEMBELAJARAN BIOLOGI adalah pupblikasi yang memuat artikel Pendidikan Biologi, Penelitian Murni Biologi, sumber, bahan, atau media pembelajaran Biologi / Sains (bahan pembelajaran Biologi di semua tingkat pendidikan dan aplikasi dalam masyarakat), Kurikulum Pendidikan ...