Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI PHP 2 di SMK Negeri 5 Jember Tahun 2014/2015 dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation pada pokok bahasan Bioteknologi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian teridi dari tes ulangan  harian untuk menilai hasil belajar kognitif, dan lembar observasi untuk menilai hasil belajar afektif dan psikomotor. Hasil penelitian  menunjukkan  bahwa  hasil belajar kognitif mengalami peningkatan sebesar 28,16%, hasil belajar afektif mengalami peningkatan sebesar 29,02%, sedangkan hasil belajar psikomotor mengalami  peningkatan sebesar  10,42%.  Dengan  demikian dapat disimpulkan  bahwa  penerapan  model  pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI PHP 2 SMK Negeri 5 Jember tahun ajaran 2014/2015. Kata kunci: Group Investigation, Hasil Belajar
Copyrights © 2016