NISBAH: JURNAL PERBANKAN SYARIAH
Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Nisbah

KONSEP SERVICE EXCELLENCE PERBANKAN SYARIAH BERDASARKAN AL-QUR’AN

Wathani, M Zainul (Unknown)
Kurniasih, Afiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2015

Abstract

ABSTRAKService excellence merupakan salah satu kunci sukses perbankan syariah dalam menjalankan usahanya. Pelayanan yang baik akan menjadikan nasabah merasa puas, positive word of mouth, dan loyal kepada bank. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang datanya terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer berasal dari hasil wawancara dan buku panduan pelayanan BTN Syariah dan BJB Syariah. Data sekunder berupa buku, jurnal dan referensi-referensi lain yang terkait dengan pembahasan penelitian.Berdasarkan hasil penelitian,dapat disimpulkan bahwa konsep service excellence perbankan syariah berdasarkan Al-Qur’an terdiri dari 3 aspek yaitu aqidah, akhlak dan muamalah. Beberapa panduan Al-Quran mengenai pelayanan perbankan syariah yaitu karyawan harus mencontoh bagaimana Rasul melayani pelanggan ketika berdagang (Surat Al-Ahzab ayat 21), karyawan harus melayani nasabah dengan lemah lembut, memiliki sifat pemaaf, dan tekad yang kuat (Surat Ali Imran ayat 159). Karyawan juga harus menyapa nasabah dengan baik, memberikan kecepatan dalam melayani, melayani dengan ikhlas, menjaga penampilan dan kebersihan, dan sabar dalam melayani (Surat Al-Muddatstsir ayat 1-7).Kata kunci : Service excellence, Al-Qur’an.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JN

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

NISBAH: Jurnal Perbankan Syariah is a journal published by the Sharia Banking Study Program. NISBAH is published to support the development of Islamic Banking which will contain articles on Islamic Banking both empirical, theoretical and practical studies. The editor accepts the manuscript with ...