PRoMEDIA
Vol 3, No 2 (2017): PROMEDIA

Inovasi Online Gaming PT. Gameloft Indonesia Sebagai Bentuk Promosi Daerah Yogyakarta di Pasar MEA

vidya kusumawardani (universitas 17 agustus 1945 jakarta)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2017

Abstract

Inovasi Permainan online yang dihasilkan oleh Gameloft telah merambah pangsa pasar internasional, terbukti melalui produk digital yang telah dihasilkannya, mampu menjadikan PT. Gameloft sebagai distributor permainan digital terbesar di dunia, termasuk di Asia Tenggara. Meskipun  begitu, masih terdapat masalah yang dihadapi yaitu:Apakah produk digital yang dihasilkan oleh PT. Gameloft Indonesia telah mampu memperkenalkan budaya Yogyakarta di pasar MEA? Mengingat PT. Gameloft berlokasi di Yogyakarta. Untuk menjawab permasalahan tersebut, kami menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskiptif yang dilakukan melalui proses wawancara tidak terstruktur kepada beberapa instansi terkait diantaranya kepada Disperindag Yogyakarta dan PT. Gameloft Indonesia dengan metode analisis interaktif. Melalui metode analisis interaktif yang dilakukan dengan proses wawancara kepada Disperindag Yogyakarta dan PT.Gameloft Indonesia selama bulan Juli-Agustus 2017, maka diperoleh hasil bahwa produk yang dihasilkan oleh PT. Gameloft Indonesia belum mampu memperkenalkan budaya Yogyakarta di pangsa pasar MEA dikarenakan produk-produknya masih terpengaruh dengan budaya barat. Hal ini terjadi dikarenakan belum adanya pemahaman yang baik antara Gameloft, Pemda Yogyakarta terkait dengan sosialisasi 4K (Keraton, Kampung, Kampus dan Keprajan). Kata kunci: Difusi inovasi, permainan online, gameloft, identitas Yogyakarta, 4K

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

kom

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

JURNAL TENTANG PERMASALAHAN DAN ISU TERKINI DALAM PERKEMBANGAN KEHUMASAN SERTA MEDIA KOMUNIKASI. DITERBITKAN OLEH PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945 ...