Seminar Nasional Teknologi Informasi Komunikasi dan Industri
2018: SNTIKI 10

Klasifikasi Kepribadian Big Five Pengguna Twitter dengan Metode Naïve Bayes

Yusra Yusra (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Muhammad Fikry (Unknown)
Rinaldi Syarfianto (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Reski Mai Candra (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Elvia Budianita (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
24 Nov 2018

Abstract

Untuk dapat memahami kepribadian seseorang, postingannya di media sosial dapat digunakan sebagai sumber informasi. Pada penelitian ini, metode Naïve Bayes digunakan untuk mengklasifikasikan kepribadian pengguna Twitter ke dalam salah satu dari lima kelas, yaitu Openness, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, dan Neuroticism. Tweet diunduh dari 15 akun Twitter dengan menggunakan Twitter API, dengan total keseluruhan sebanyak 1.500 tweet. Setiap akun ditetapkan sifat kepribadian dominannya berdasarkan hasil kuesioner kepribadian yang diinterpretasikan oleh seorang pakar psikologi. Setiap tweet dipraproses menjadi huruf kecil, dibersihkan, ditokenisasi menjadi kata, ditemukan kata dasarnya, kemudian dihilangkan kata-kata yang tidak penting. Setiap kata dibobot berdasarkan frekuensinya. Dataset dibagi menjadi data latih dan uji dengan perbandingan 60:40, 70:30, 80:20 dan 90:10. Setelah dilakukan pengujian, diperoleh akurasi tertinggi pada perbandingan data latih dan uji 70:30 sebesar 86,66%

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

SNTIKI

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mathematics

Description

SNTIKI adalah Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri yang diselenggarakan setiap tahun oleh Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. ISSN 2579 7271 (Print) | ISSN 2579 5406 ...