Penelitian ini memusatkan perhatian pada hubungan antara media pembelajaran denganketerampilan siswa. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui motif media pembelajaran di SMATaruna Andigha dan SMA Amaliah Bogor, (2) mengetahui keterampilan siswa di SMA Taruna Andighadan SMA Amaliah Bogor, (3) mengetahui hubungan antara motif media pembelajaran denganketerampilan siswa di SMA Taruna Andigha dan SMA Amaliah Bogor. Jenis penelitian yang digunakanadaah metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1)kekuatan motif media pembelajaran adalah menimbulkan motivasi belajar siswa, metode mengajatbervariasi, interaktif siswa dan guru, dan adanya demonstrasi termasuk pada kategori kurang baik. (2)Keterampilan siswa dinilai berdasarkan beberapa kriteria seperti banyak gagasan, keluwesan danalmemecahkan masalah, mencetuskan gagasan asli, menguraikan ssesuatu dengan rinci, menghasilkankarya yang bermanfaat bagi individu dan lingkungan dinilai baik, (3) kekuatan motif mediapembelajaran dengan keterampilan siswa memiliki hubungan yang tidak begitu besar.Kata Kunci : Media komunikasi massa, media pembelajaran, keterampilan siswa
Copyrights © 2015