JURNAL AKUNIDA
Vol 4, No 1 (2018): June

PENGARUH MINAT BELAJAR KETERSEDIAAN SARANA PENDIDIKAN DAN KOMPETENSI DOSEN TERHADAP PEMAHAMAN PSAK KONVERGENSI

Marsudi, Joko (Unknown)
Gustiani, Delita Septia (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2018

Abstract

Pemahaman PSAK Konvergensi menjadi hal penting bagi mahasiswa jurusan akuntansi untuk  membuat laporan keuangan yang sesuai dengan standar dan dapat diterima umum sehingga menghasilkan lulusan-lulusan akuntansi yang memiliki bekal ilmu pengetahuan mengenai PSAK Konvergensi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa S-1 Program Studi Akuntansi Perguruan Tinggi yang berstatus aktif di Kota Bogor yaitu 571 mahasiswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode proportionate stratified random sampling, dari metode tersebut dapat ditentukan jumlah sampel sebanyak 235 dengan menggunakan data primer  dan instrumen kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa mahasiswa S-1 Program Studi Akuntansi di Kota Bogor mayoritas perempuan yang berusia antara 21-25 tahun dengan latar belakang pendidikan sebelumnya dari jurusan IPS. Adapun hasil tanggapan mahasiswa atas Minat Belajar, Ketersediaan Sarana Pendidikan, dan Kompetensi Dosen berpengaruh baik secara simultan maupun parsial terhadap Pemahaman PSAK Konvergensi dengan kontribusi sebesar 51 persen dan Kompetensi Dosen menjadi variabel yang dominan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JAKD

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Jurnal Akunida merupakan media publikasi ilmiah yang memuat artikel-artikel di bidang akuntansi dan bisnis dengan ruang lingkup akuntansi keuangan, akuntansi biaya, akuntansi sektor publik dan sistem informasi akuntansi. jurnal ini didedikasikan untuk menumbuhkan kreasi dan petukaran ide diantara ...