ABSTRAKUntuk menganlisis dampak dan pengaruh pandangannyaterhadap jasa layanan yang diberikan oleh perusahaan terhadapkepuasan konsumen. Dari hasil penelitian dan analisa korelasi didapathasil r = 0,443 yang bisa dikatakan terdapat hubungan positif dansignifikan antara pelayanan pelatihan dengan tingkat kepuasan pesertapelatihan. Melalui analisa regresi didapat persamaan Y = 29,67 + 0,38Xyang didapat diartikan bila X bertambah 1, maka Y akan bertambahsebesar 0,38 kali, kemudian untuk mengetahui kontribusi dari pengaruhpelayanan pelatihan terhadap tingkat kepuasan peserta pelatihan,digunakan rumus Koefisien Determinasi (KD), dimana didapat KD =0,197 yang berarti bahwa pelayanan pelatihan mempunyai pengaruhterhadap tingkat kepuasan peserta pelatihan sebesar 19,7 %, dan sisanyasebesar 80,3 % dipengaruhi oleh faktor lain.Keywords: MSDM;
Copyrights © 2010