ABSTRAKLoyalitas merek merupakan suatu konsep yang sangat penting,khususnya pada kondisi pasar dengan tingkat pertumbuhan yang sangatrendah, namun tingkat persaingannya sangat ketat saat ini. Sehinggakeberadaan konsumen yang loyal pada merek sangat dibutuhkan agarperusahaan dapat bertahan dalam dunia bisnis. Keputusan pembelianmerupakan sutu pemilihan tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatifyang didapatkan untuk membeli atau tidak membeli, maka dengankondisi seperti ni konsumen berada pada posisi untuk membuat suatukeputusan.Hasil analisis regresi menghasilkan persamaan Y = 32,428 +0,682X, dimana hasil ini dapat diartikan, jika nilai loyalitas merek adalah1 maka keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,682. Sedangkankoefisien korelasi antar kedua variabel adalah 0,829 yang berarti bahwaterjadi hubungan yang kuat dan positif antara loyalitas merek dengankeputusan pembelian konsumen. Dari hasil perhitungan koefisiendeterminasi, dapat diketahui bahwa loyalitas merek memilki kontribusisebesar 68,72% dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen,dan sisanya sebesar 31,28 dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yangdapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen seperti promosidan saluran distribusi.Kata kunci : Loyalitas Merek, Keputusan Pembelian Konsumen.
Copyrights © 2010