JIMFE (Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi)
Vol 2, No 1 (2010): Vol.2 No.1 2010

STUDI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BERDASARKAN LOYALITAS MEREK

herdiyana, Herdiyana (Unknown)
Simamora, Patar (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2018

Abstract

ABSTRAKLoyalitas merek merupakan suatu konsep yang sangat penting,khususnya pada kondisi pasar dengan tingkat pertumbuhan yang sangatrendah, namun tingkat persaingannya sangat ketat saat ini. Sehinggakeberadaan konsumen yang loyal pada merek sangat dibutuhkan agarperusahaan dapat bertahan dalam dunia bisnis. Keputusan pembelianmerupakan sutu pemilihan tindakan dari dua atau lebih pilihan alternatifyang didapatkan untuk membeli atau tidak membeli, maka dengankondisi seperti ni konsumen berada pada posisi untuk membuat suatukeputusan.Hasil analisis regresi menghasilkan persamaan Y = 32,428 +0,682X, dimana hasil ini dapat diartikan, jika nilai loyalitas merek adalah1 maka keputusan pembelian akan meningkat sebesar 0,682. Sedangkankoefisien korelasi antar kedua variabel adalah 0,829 yang berarti bahwaterjadi hubungan yang kuat dan positif antara loyalitas merek dengankeputusan pembelian konsumen. Dari hasil perhitungan koefisiendeterminasi, dapat diketahui bahwa loyalitas merek memilki kontribusisebesar 68,72% dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen,dan sisanya sebesar 31,28 dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya yangdapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen seperti promosidan saluran distribusi.Kata kunci : Loyalitas Merek, Keputusan Pembelian Konsumen.

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

jimfe

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Fakultas Ekonomi (JIMFE) aims to publish scientific articles in management which can give contribution to the education and development of the science. JIMFE welcomes empirical, theoretical, and case-based studies articles which are relevant to all management aspects ...