Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa (1) aspek internal pada Hotel Banyualit, (2) aspek eksternal pada Hotel Banyualit, dan (3) merancang strategi pengembangan bisnis yang tepat pada Hotel Banyualit. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menganalisis lingkungan internal menggunakan teori Resources Based View, dan lingkungan eksternal menggunakan teori Porter Five Forces, serta rencana pengembangan bisnis menggunakan teori Strategi Generik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) analisa internal pada Hotel Banyualit yaitu analisa tangible assets, analisa intangible assets, analisa organizational capabilities, dan analisa teori VRIN, (2) analisa eksternal pada Hotel Banyualit yaitu ancaman dari pendatang baru, produk pengganti, kekuatan pembeli, kekuatan pemasok, perseteruan perusahaan yang bersaing, (3) strategi pengembangan bisnis yang tepat pada Hotel Banyualit yaitu harus menjalankan pengembangan bisnis dengan strategi diferensiasi, yang mana perusahaan menjadi hotel dengan fasilitas dan pelayanan yang berbeda dari para pesaing.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018