Pernikahan anak merupakan salah satu problem serius yang dihadapi Indonesia. Keriuhan perbincangan tentang nikah usia anak tampak di internet. Salah satu peristiwa nikah anak yang viral adalah pasangan siswa SMP Bantaeng, Sulawesi pada bulan April 2018. Masivitas konten nikah anak ini yang menjadi salah satu pemicu signifikansi kajian ini dilakukan. Dengan latar belakang tersebut, rumusan masalah yang muncul dalam kajian ini berfokus untuk memetakan kecenderungan konten nikah anak di media baru. Tujuan riset ini untuk memetakan wacana dan persepsi nikah anak di media baru. Penelitian ini menggunakan metode riset analisis isi kualitatif dan grabbing data dengan fokus pada sejumlah kata kunci nikah anak di Facebook dan Twitter selama 6 bulan, Desember 2017-Mei 2018. Temuan riset ini mengarah pada tebaran konten nikah anak, mulai dari highlight konten, artikel berita, image, top stories serta map. Selain itu, temuan data di media sosial daring mengarah pada perception streams yang beragam dengan titik tekan mulai dari joy sampai trust.
Copyrights © 2018