Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik
Vol 13, No 1 (2017): Jurnal Keperawatan

Pengaruh Metode Pembelajaran Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Kebidanan Poltekkes Tanjungkarang

Ika Fitria Elmeida (Jurusan Kebidanan, Poltekkes Tanjungkarang)
R. Pranajaya (Jurusan Kebidanan, Poltekkes Tanjungkarang)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2018

Abstract

Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar mahasiswa D III kebidanan dalam Mata Kuliah (MK)  kegawatdaruratan maternal neonatal antara mahasiswa yang menggunakan metode konvensional yaitu face to face  learning dan mahasiswa yang menggunakan metode blended learning, peningkatan mahasiswa pada Mata Kuliah kegawatdaruratan maternal neonatal akibat penerapan metode blended learning. Jenis Penelitian ini adalah kuasi eksperimen menggunakan dua kelompok yaitu kelompok eksperiman yang menggunakan metode blended learning dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional face to face learning, populasi penelitian adalah mahasiswa D III kebidanan Prodi Metro, sampel penelitian adalah 72 mahasiswa terbagi atas 36 kelompok kontrol, dan 36 kelompok eksperimen. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara motivasi belajar mahasiswa yang menggunakan metode blended learning dengan mahasiswa yang menggunakan metode konvensional, ada peningkatan motivasi yang signifikan akibat penerapan metode blended learning. Disarankan agar metode blended learning ini dapat digunakan sebagai metode pembelajaran pada perkuliahan di jurusan kebidanan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JKEP

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Other

Description

Fokus jurnal adalah informasi tentang penelitian dan kajian di bidang keperawatan dan kesehatan. Jurnal ini diterbitkan setiap 6 bulan (April dan Oktober) dalam Bahasa ...