Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 2, No 2 (2017): Mei 2017

Kualitas Tes dan Penguasaan Materi Matematika Siswa pada Ujian Semester Ganjil Kelas X MAN Model Banda Aceh Tahun Ajaran 2016/2017

Sabar Ibnu Muarief (Syiah Kuala University)
Salasi Salasi (Syiah Kuala University)
Yuhasriati Yuhasriati (Syiah Kuala University)



Article Info

Publish Date
30 May 2017

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui kualitas tes yang dibuat oleh guru matematika dalam mengukur penguasaan materi siswa berdasarkan soal ujian semester kelas X MAN Model Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017. Kualitas tes yang baik mempunyai validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, dan fungsi pengecoh. Subjek penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas MIA.1 berjumlah 36 siswa dan kelas MIA.2 berjumlah 36 siswa dengan total siswa 72 siswa. Soal tes yang diujikan kepada siswa terdiri dari 35 butir  soal pilihan ganda dan 5 butir soal essay. Data diambil berdasarkan lembar soal dan jawaban siswa pada ujian semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) validitas soal bentuk pilihan ganda tergolong rendah dan soal bentuk essay tergolong tinggi; (2) reliabilitas butir soal bentuk pilihan ganda tergolong tinggi dengan = 0,77 dan butir soal bentuk essay dengan = 0,81; (3) tingkat kesukatan butir soal pilihan ganda tergolong sukar dan butir soal essay tergolong sedang, (4) daya beda soal bentuk pilihan ganda tergolong jelek dan soal essay tergolong baik. Kualitas tes kurang memadai dalam mengukur penguasaan materi. Kata kunci: matematika, kualitas, pilihan ganda, essay

Copyrights © 2017