PIONIR: Jurnal Pendidikan
Vol 7, No 2 (2018)

STRATEGI GURU DALAM PENCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MIN DI KOTA BANDA ACEH

Suhelli Suhelli (PASCASARJANA UIN AR-RANIRY)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Pembelajaran tematik dapat diartikan suatu kegiatan pembelajaran dengan mengintegrasikan materi beberapa mata pelajaran dalam satu tema/topik pembahasan. Pembelajaran tematik merupakan satu usaha untuk mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, nilai, atau sikap pembelajaran, serta pemikiran yang kreatif dengan menggunakan tema. Permasalahan yang muncul adalah berkaitan dengan kesiapan sekolah dalam mengapresiasi model pembelajaran tematik sangat beragam. Sebagian sekolah ada yang masih menerapkan model mata pelajaran ketika kegiatan belajar mengajar dilaksanakan didalam kelas. Hal ini banyak faktor yang mempengaruhinya diantaranya kesiapan guru untuk mengajar kurang memahami model pembelajaran tematik, dan sekolah yang masih kekurangn sarana. Untuk menjawab permasalahan tersebut di atas, penulis membuat rumusan masalah yaitu: (a) bagaimana strategi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik pada MIN di Kota Banda Aceh, (b) bagaimana implementasi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik pada MIN di Kota Banda Aceh, dan (c) bagaimana kendala dan solusi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik pada MIN di Kota Banda Aceh. Penelitian ini bersifat kajian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dilaksanakan pada MIN di Kota Banda Aceh. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik yang dilakukan pada MIN Teladan Banda Aceh, yaitu: memilih dan menetapkan prosudur, metode, dan teknik belajar mengajar yang paling efektif, menetapkan KKM, dan evaluasi. Di MIN Merduati yaitu: bersahabat dengan siswa, pembelajaran yang menyenangkan, serta bermakna bagi anak, tema-tema yang digunakan dekat dengan keseharian siswa. Sedangkan di MIN Rukoh, yaitu: memilih tema, mengorganisir tema, mengumpulkan bahan dan sumber, merancang kegiatan, mengimplementasikan satuan pelajaran, menentukan jenis mata pelajaran dan jenis keterampilan yang dipadukan, memilih kajian materi, standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator. (2) Implementasi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik pada Teladan yaitu: dilaksanakan sesuai dengan kurikulum K-13, menentukan tema yang dimungkinkan disepakati bersama siswa. Di MIN Merduati yaitu: tematik berpusat pada peserta didik (student centered). Sedangkan di MIN Rukoh yaitu: menelaah KD untuk mengidentifikasi tema yg dibutuhkan tema daftar tema yang dibutuhkan di setiap mata pelajaran memilih tema untuk setiap kelas sesuai kriteria pemilihan tema merumuskan tema dengan frasa yang menarik memilih KD dari setiap mata pelajaran yang sesuai dengan tema yang ditetapkan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menyusun silabus (merumuskan kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian dan alokasi waktu). (3) Kendala dan solusi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik pada MIN di Kota Banda Aceh, yaitu: MIN Terpadu, kendalanya keterbatasan sarana dan prasaran dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran tematik, dan solusinya menambahkan sarana prasarana. Di MIN Merduati, kendalanya guru masih banyak yang belum bisa men-tematik-kan semua pelajaran pada tema tertentu dan masih perlu pemahaman yang luas., dan solusinya guru mempersiapakan diri untuk menyongsong pembelajaran tematik kurikulum madrasah Ibtidaiyah. Sedangkan di MIN Rukoh, kendalanya masih terjadi selisih pendapat para guru tentang pengertian, maksud dan tujuan pembelajaran tematik, dan solusinya siswa mendapatkan informasi yang utuh keterkaitan mata pelajaran yang satu dengan yang lain untuk pengalaman belajarnya, sehingga dapat mencerdaskan penalarannya, penyedian buku panduan untuk guru, dan sering mengadakan pelatihan-pelatihan untuk guru.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Pionir

Publisher

Subject

Other

Description

PIONIR: Journal of Education is an open-access Education scientific journal managed by the Study Program of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education (PGMI) Faculty of Tarbiyah and Teaching Ar-Raniry State Islamic University (UIN) Banda Aceh. PIONIR: Educational Journal is a forum for researchers and ...