PIONIR: Jurnal Pendidikan
Vol 7, No 2 (2018)

PENGARUH PENERAPAN KURIKULUM 2013 TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MIN 3 KOTA BANDA ACEH

handayani handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar siswa kelas VI pada MIN 3 Kota Banda Aceh. Jenis penelitian kausalitas juga mengukur kekuatan hubungan dua variabel atau lebih, juga menunjukkan arah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat.Dalam menentukan sampel penelitian dalam peneliti menggunakan Teknik Sampling Jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Maka yang dijadikan sampel dari penelitian ini adalah keseluruhan dari jumlah siswa kelas VI pada MIN 3 Kota Banda Aceh. yang berjumlah 77 orang. Analisis data menggunakan teknik regresi sederhana dengan bantuan SPSS Versi 24.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis grand mean variabel (X) penerapan kurikulum sebesar 3,14 berada pada interval 2,51-3,25 yang berarti bahwa penerapan kurikulum termasuk dalam kategori baik. Sedangkan grand mean variabel (Y) motivasi belajar sebesar 3,11 berada pada interval 2,51-3,25 yang berarti bahwa motivasi belajar termasuk ke dalam kategori baik. Hasil analisis korelasi product moment “pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar siswa kelas VI pada MIN 3 Kota Banda Aceh” dikatakan signifikan dengan nilai 0,710. Maka nilai 0,710 menunjukkan bahwa memiliki pengaruh yang positif dan tingkat hubungan yang sangat kuat dengan dilihat dari interval koefisien korelasi antara 3,80-1,000. Hasil perhitungan regresi linier sederhana yaitu Y = 10.663 + 0,902X dan R Square sebesar 0,710 berarti bahwa pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar sebesar 50,41%.  Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis alternatif (Ho) “Terdapat pengaruh penerapan kurikulum 2013 terhadap motivasi belajar siswa kelas VI pada MIN 3 Kota Banda Aceh”. Sehingga hasil uji hipotesi dapat teruji kebenarannya dalam penelitian ini.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Pionir

Publisher

Subject

Other

Description

PIONIR: Journal of Education is an open-access Education scientific journal managed by the Study Program of Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education (PGMI) Faculty of Tarbiyah and Teaching Ar-Raniry State Islamic University (UIN) Banda Aceh. PIONIR: Educational Journal is a forum for researchers and ...