Journals of Ners Community
Vol 5 No 2 (2014)

EFEKTIFITAS RELAKSASI NAFAS DALAM DAN DISTRAKSI BACA MENURUNKAN NYERI PASCA OPERASI PASIEN FRAKTUR FEMUR

Yuanita Syaiful (PSIK Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Gresik)
Sigit Hendro Rachmawan (RSUD Ibnu Sina Gresik)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2014

Abstract

ABSTRAKPembedahan merupakan salah satu tindakan invasif untuk menyembuhkan fraktur,tindakan ini memberikan efek respon fisiologi dan patofisiologi. Pembedahan dapatmenyebabkan kecemasan, khawatir terhadap efek samping deformitas tulang dan bisa jugakematian. Tindakan perawat dalam menurunkan nyeri pasca operasi dengan menggunakanbeberapa tindakan non farmakologi seperti manajemen nyeri dengan terapi perilakukognitif relaksasi nafas dalam dan distraksi membaca. Tujuan penelitian ini untukmengetahui efektifitas terapi relaksasi nafas dalam dan distraksi membaca terhadap nyeripada pasien pasca operasi fraktur femur tertutup.Penelitian ini menggunakan desain Pra Eksperimental (satu kelompok pre-post tes).Pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan 20 pasien pasca operasifraktur femur tertutup, dimana 10 pasien dilakukan teknik relaksasi nafas dalam dan 10pasien distraksi membaca. Data diambil dengan kuesioner dan observasi, kemudian datadianalisis menggunakan Wilcoxon Test dengan tingkat signifikansi ≤ 0,05.Hasil penelitian menunjukkan ada beda efektifitas antara teknik relaksasi nafasdalam dengan nilai p= 0,005 dan distraksi membaca nilai p= 0,025. Hal ini menunjukkanrelaksasi nafas dalam lebih efektif daripada distraksi membaca.Teknik relaksasi nafas dalam lebih efektif dibanding distraksi membaca dalam halkemudahan untuk digunakan dan tanpa memerlukan alat bantu. Relaksasi melibatkansistem otot dan respirasi tidak membutuhkan alat lain sehingga mudah dilakukan kapansaja atau sewaktu-waktu dan dapat digunakan dalam jangka waktu relatif lebih lama.Kata kunci: Pasca operasi fraktur femur tertutup, Skala nyeri, Relaksasi nafasdalam, Distraksi bacaABSTRACTSurgery was one definitive therapy or invasive therapy used to fracture healing,these things will cause physiology and pathology response. Surgery can make anxiety,afraid of deformity and can make die. A participation of nurse to decrease postoperativepain by using many kinds of action with non pharmacologyby using pain management likecognitive behavior deep breath relaxation therapy and distraction read. The purpose ofthis study was to know effectively therapy cognitive behavior deep breath relaxation anddistraction read to decrease of pain scale for postoperative closed fracture femur patient.This study used pre experimental (one group pre-post test design). Sample wastaken using purposive sampling about twenty patient postoperative closed fracture femur,ten people used deep breath relaxation technique and ten people used read distractiontechnique. Collect data used questioner and observation check-list, then analysed dataused wilcoxon test, with significant level ≤ 0.05.The experiment results showed the different effectivity cognitive behavior deepbreath relaxation therapy and distraction read, the mark in deep breath relaxation was p=0,005 and read distraction was p = 0.025. It means that deep breath relaxation techniquewas more effective than read distraction technique. Deep breath relaxation technique more effective than distraction read techniquebecause of deep breath relaxation technique is easier to be used and it doesn't need a tool.Relaxation need muscle system and respiration doesn't need other tool so easier topractice every time and can be used for more long distance time.Keywords: Postoperative closed fracture femur, Pain scale, Deep breath relaxation,Read distraction.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

JNC

Publisher

Subject

Nursing

Description

Journals of Ners Community hanya menerima naskah asli yang belum pernah diterbitkan. Naskah dapat berupa hasil penelitian, konsep-konsep pemikiran inovatif hasil tinjauan pustaka, kajian, dan analitis di bidang keperawatan dan kesehatan yang bermanfaat untuk menunjang kemajuan ilmu, pendidikan dan ...