Lembaga pendidikan memiliki peranan penting dalam rangka menghasilkan anak didik yang berakhlak mulia, beretika dan berpengetahuan luas. Baik buruknya suatu generasi bangsa sangat terpengaruh dengan keadaan lembaga pendidikan yang ada dalam bangsa tersebut. Lembaga pendidikan tidak sendirinya mengahsilkan lulusan seperti yang diinginkan, namun sangat tergantung kepada elemen-elemen yang ada dalam lembaga pendidikan tersebut. Salah satu kajian dalam penelitian ini adalah tentang peraturan dan kode etik yang diterapkan dilembaga pendidikan khususnya pendidikan tinggi UIN Ar-Raniry, salah satu alasan lembaga UIN ini menjadi objek penelitian adalah karene kenyataan dilapangan terlihat ada sebagaian mahasiswa yang menampilkan etika yang tidak baik, baik sesama mahasiswa, dosen, dan karyawan akademik, oleh karena itu penelitian ini berusaha untuk mencari jawaban dari tiga persoalan yang penulis ajukan sebagai rumusan masalah yaitu, bentuk-bentuk pelanggaran apasajakah yang sering terjadi di UIN, bagaimana strategi implementasi kode etik dan kendala-kendala apasajakah yang dihadapi dalam pelaksanaan kode etik. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan jawaban dari permasalahan tersebut yaitu, masih terjadinya pelanggran terhadap kode etik yang dilakukan oleh mahasiswa baik pelanggaran ringan, sedang dan berat. Dalam penerapan kode etik ada beberapa strategi yang dilakukan yaitu, perumusan strategi, sosialisasi dan pelaksanaan dan evalusai kode etik. Dalam pelaksanaan kode etik masih terdapat banyak kendala-kendala yang dihadapi baik ditingkat prodi maupun di tingkat Fakultas
Copyrights © 2016