Manajemen rektorat memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan akreditasi universitas. Melalui perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan seluruh aktivitas universitas akan menghasilkan nilai akredtasi yang lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses penyusunan program, pelaksanaan program, dan pengawasan dalam meningkatkan akreditasi pada Universitas Jabal Ghafur Sigli. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ialah: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas Rektor, Para Wakil Rektor, Para Kepala Biro, Para Kepala Bagian, Kepala BJM, Kepala LPPM, Kepala PUKSI, Kepala Perpustakaan, Para Karyawan, Para Dosen dan mahasiswa di universitas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses penyusunan program dalam meningkatkan akreditasi pada Universitas Jabal Ghafur Sigli sudah sesuai dengan visi dan misi; (2) Pelaksanaan program dalam meningkatkan akreditasi pada Universitas Jabal Ghafur Sigli selama ini yang sudah dijalankan masih kurang efektif, hal ini terbukti dengan masih banyaknya program studi yang bernaung di bawah Universitas Jabal Ghafur Sigli masih berpredikat C; danĀ (3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan para kepala biro, kepala bagian (badan/lembaga), karyawan, dosen dan mahasiswa mendukung manajemen Rektorat dalam meningkatkan akreditasi pada Universitas Jabal Ghafur Sigli masih mengalami hambatan, baik hambatan eksternal maupun internal.
Copyrights © 2016