Perilaku agresif di kalangan anak, khususnya anak dan remaja, dari tahun ketahun semakin meningkat, baik dari jumlahnya maupun variasi bentuk perilaku agresif yang dimunculkan. Salah satu menjadi pemicu terjadinya tindakan agresif oleh anak adalah permainan video games (playstation).Agresivitas dan kebiasaan berbicara tanpa kendali, bahkan cacian, tentu saja berdampak negatif bagi perkembangan anak.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan permainan video games (playstation) dengan perilaku agresif anak dan remaja di area terminal Kabupaten Bulukumba. Penelitian ini menggunakan desain observasional analitik mengunakan pendekatan “cross-sectional” sampel penelitian ini sebanyak 40 responden, yang terdiri dari kategori anak yaitu sebanyak 35 responden (87,5%) dan pada kategori remaja yaitu sebanyak 5 responden (12,5%). Analisa data pada penelitian ini menggunakan uji statistik Chi- square dan untuk mengetahui kekuatan dan arah hubungan dari dua variabel tersebut maka digunakan uji korelasi Spearman. Dari hasil analisis tersebut dapat diperoleh hasil bahwa terdapat hubungan antara frekuensi bermain video games (playstation) dengan perilaku agresif anak dan remaja di area terminal Kabupaten Bulukumba dengan significancy ρ < 0,001 atau ρ < 0,05 dan untuk mengetahui kekuatan dan arah hubungan maka digunakan uji korelasi Spearman, sehingga diperoleh nilai significansy 0,001 yang menunjukkan bahwa korelasi antara permainan video games (playstation) dengan perilaku agresif anak dan remaja di Area Terminal Kabupaten Bulukumba adalah bermakna. Nilai korelasi Spearman sebesar 0,772 menunjukkan bahwa arah korelasi positif dengan kekuatan korelasi yang kuat.Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara permainan video games (playstation) dengan perilaku agresif anak dan remaja di area terminal kabupaten bulukumba yang positif dan kuat.Kata kunci : Permainan video games (playstation) ,perilaku agresif
Copyrights © 2017