Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran menulis argumentasi melalui stategi think talk write berbasis media audio visual di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain static group comparison. Subjek penelitian dibagi menjadi tiga kategori kelompok sekolah, yakni baik, sedang, dan kurang. Tiga sekolah yang dijadikan subjek penelitian, meliputi: SMA N 7 Purworejo, SMA N 5 Purworejo, dan SMA N 6 Purworejo. Teknik analisis data menggunakan program SPSS 21. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Berdasarkan hasil uji independent sample T-test diperoleh sig (0.000) <0,05 sehingga terdapat berbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil keterampilan menulis argumentasi siswa yang dikenai model pembelajaran menulis melalui strategi think talk write berbasis media audio visual lebih efektif dibandingkan prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: model pembelajaran, strategi think talk write, media audio visual, dan SMA.
Copyrights © 2018