Jurnal Bahtera - Jurnal Pendidikan Bahasa Sastra dan Budaya
Vol 5, No 10 (2018): JURNAL BAHTERA

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI MELALUI STRATEGI THINK TALK WRITE BERBASIS MEDIA AUDIOVISUAL DI SMA

Rizkiana, Suci ( Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Widiyati, Menik ( Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
05 Oct 2018

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran menulis argumentasi melalui stategi think talk write berbasis media audio visual di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain static group comparison. Subjek  penelitian  dibagi  menjadi  tiga kategori kelompok sekolah, yakni baik, sedang, dan kurang.  Tiga sekolah yang dijadikan subjek penelitian, meliputi: SMA N 7 Purworejo, SMA N 5 Purworejo, dan SMA N 6 Purworejo. Teknik analisis data menggunakan program SPSS 21. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan tes.  Berdasarkan hasil uji independent sample T-test diperoleh sig (0.000) <0,05 sehingga terdapat berbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil keterampilan menulis argumentasi siswa yang  dikenai  model pembelajaran menulis melalui strategi think talk write berbasis media audio visual lebih  efektif dibandingkan prestasi belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Kata kunci: model pembelajaran, strategi think talk write, media audio visual, dan SMA.    

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bahtera

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Bahtera merupakan jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya. Jurnal ini sebagai media publikasi karya tulis ilmiah yang dihimpun oleh Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) Universitas Muhammadiyah ...