Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil berpikir reflektif mahasiswa yang mempunyai gaya kognitif Field Dependent. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang. Kriteria pemilihan subjek didasarkan pada gaya kognitif dan kelancaran berkomunikasi mahasiswa secara tulisan maupun lisan. Pengumpulan data serta analisis data dilakukan dengan teknik tes tertulis dan wawancara berbasis tugas pada Mata Kuliah Kalkulus Integral yang diampu oleh peneliti. Dilanjutkan dengan melakukan triangulasi untuk mendapatkan data subjek penelitian yang valid. Deskripsi berpikir reflektif mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Semarang yang mempunyai gaya kognitif Field Dependent yang diperoleh dalam penelitian ini dijadikan rujukkan bagi dosen yang mengampu untuk menyusun strategi pembelajaran sehingga capaian pembelajaran yang diharapkan dapat diraih.Penelitian menunjukkan hasil bahwa mahasiswa yang memiliki gaya kognitif Field Dependent kemampuan berpikir reflektifnya tinggi. Hal ini terlihat pada hasil pekerjaan mahasiswa pada mata kuliah Kalkulus Integral dimana untuk hampir semua soal, mahasiswa dikatakan reflektif dan terdapat satu soal dimana mahasiswa dikatakan cukup reflektif.
Copyrights © 2019