DERIVATIF
Vol 10, No 2 (2016): November

STRATEGI PEMASARAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Fitriani Fitri (Unknown)
Bambang Suhada Bambang (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2017

Abstract

ABSTRAK Universitas Muhammadiyah Metro (UMM) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Provinsi Lampung. Semakin berkembangnya UMM di Lampung menjadikan UMM masuk ke dalam 7 (tujuh) Universitas terbaik di Lampung dari versi Informasi peringkat Webometrics 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini (1) Menganalisis faktor lingkungan eksternal dan internal yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dalam pemasaran UMM, (2) Menyusun Strategi Pemasaran yang tepat bagi UMM. Metode analisis menggunakan analisis SWOT, QSPM dan AHP. Hasil dari analisis SWOT diperoleh, dalam pilihan strategi kombinas S-O dilakukan melalu Market Development Strategy, strategi kombinasi S-T dilakukan dengan Product Development Strategy, strategi kombinasi W-O menggunakan Market Penetration Strategy, dan Strategi kombinasi W-T menggunakan Brand Image Strategy. Dari hasil penentuan prioritas dengan analisis QSPM, dihasilkan prioritas strategi Market Development Strategy (nilai TAS 6,123) dan dari pengolahan hasil analisis AHP didapatkan alternatif tertinggi yaitu strategi Market Development Strategy (nilai PV 0,436) dengan bergitu strategi yang tepat pagi UMM yaitu Market Development Strategy (MDS). Kata Kunci :Manajemen Strategi, Analisis SWOT, QSPM dan AHP

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Derivatif includes articles on the results of research and scientific work with the scope of Economics, Management, Business, and Islamic Economic Studies. The Derivatif journal is managed by the Management Program, University Muhammadiyah of Metro, published by the Scientific Publication Unit ...