Tujuan dari penelitian ini adalah, (1) memahami dan mendeskripsikan pemahaman masyarakat di sekitar wilayah eksplorasi migas tentang implementasi dan dampak CSR Exxon Mobil Cepu. Ltd. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif (qualitative methods), dengan menggunakan pendekatan fenomenologi bertujuan mengungkap dan memahami makna (noumena) dibalik fenomena dari individu yang melakukan tindakan atas dasar presepsi sendiri serta aspek yang melatar belakangi tindakannya. Fenomenologi mengungkap tentang pemahaman makna atau refleksi makna pada tingkat mikro dan merupakan salah satu penelitian lapangan dengan strategi observasi partisipasi. Hasil temuan penelitian menurut pemahaman masyarakat adalah meningkatnya pendapatan masyarakat dengan menjadi tenaga kerja, dahulu sepi, terpencil, terisolir sekarang mulai berubah, menjadi ramai selain itu aspek jalan sering ada banyak perbaikan, banyak juga program yang dirasakan seperti kesehatan, pendidikan, penghijauan dan mengikuti pelatihan dan pemberdayaan ekonomi yang diadakan perusahaan. Program CSR yang tepat dan efektif untuk masyarakat adalah melalui pendekatan stakeholder, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing desa, misalkan ada program CSR fisik yang berkaitan dengan perbaikan infrastruktur, program CSR non fisik peningkatan perekonomian, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan mengadakan pelatihan-pelatihan yang berkesinambungan dan melibatkan partisipasi masyarakat setempat. Kata Kunci: corporate social responsibility, pemahaman, Bojonegoro
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016