DERIVATIF
Vol 12, No 1 (2018): April

PENGARUH EKUITAS MEREK, MOTIVASI DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Dian Oktarina (FE UM Metro)



Article Info

Publish Date
26 Apr 2018

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengukur tingkat Kepuasan Konsumen yang akan berdampak pada Keputusan Pembelian. Banyak faktor yang mempengaruhi konsumen didalam melakukan pembelian, pada umumnya konsumen akan melakukan alternatif pilihan berdasarkan ekuitas merek, dan motivasi (kebutuhan). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besarnya pengaruh ekuitas merek, motivasi, dan keputusan pembelian terhadap Kepuasan Konsumen.Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini melalui metode survai dengan pendekatan kuantitatif kausal, terhadap 41 orang responden konsumen di Kota Metro dengan menggunakan metode accidential sampling. Kemudian dilakukan analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas dan linearitas sebagai persyaratan Analisis Jalur (part analysis),dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (part analysis) yang digunakan untuk mengetahui apakah data mendukung teori yang mencakup structural antar variabel terukur.            Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan Analisis Jalur (Part Analysis) diperoleh ekuitas merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sebesar 0,082 atau 8,29%, motivasi konsumen berpengaruh langsung positif yang paling besar terhadap keputusan pembelian sebesar 0,501 atau 50,16%, keputusan pembelian berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,150 atau 15,05%, ekuitas merek berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan konsumen sebesar 0,016 atau 1,69% dan motivasi konsumen berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan konsumen sebesar 12,39 atau 12,39%. Kata kunci :Ekuitas Merek, Motivasi, Keputusan Pembelian dan Kepuasan Konsumen

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Derivatif includes articles on the results of research and scientific work with the scope of Economics, Management, Business, and Islamic Economic Studies. The Derivatif journal is managed by the Management Program, University Muhammadiyah of Metro, published by the Scientific Publication Unit ...