Rendahnya hasil belajar matematika perlu diperbaiki melalui penerapan model pembelajaran yang tepat dan melatih siswa untuk lebih terampil bersosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembelajaran dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen 2 ´ 3 faktorial, yang menggunakan analisis varians (Anova). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Konda sebanyak 4 kelas dengan jumlah 100 orang. Sampel penelitian diambil secara acak. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa, (3) terdapat perbedaan pengaruh keterampilan sosial berdasarkan (tinggi, sedang, dan rendah) terhadap hasil belajar matematika siswa, (4) terdapat perbedaan pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan model pembelajaran konvensional berdasarkan keterampilan sosial tinggi dan sedang, sedangkan pada kategori rendah tidak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2016