Jurnal Ilmu Administrasi Publik (JIAP)
Vol 6, No 2 (2018): September 2018

Faktor-Faktor Yang Menjadi Pertimbangan Dalam Penggunaan Jasa Ojek Online (Go-Jek) Di Kota Mataram

Muhammad Ali (Prodi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram)
Abdul Kharis (Prodi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram)
Deni Karlina (Prodi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang bahwa perkembangan dunia transportasi mulai berkembang pesat khususnya transportasi darat. Perkembangan tersebut dikarenakan meningkatkan jumlah pengguna jasa transortasi seiring dengan semakin banyaknya kebutuhan dari publik. Jadi permasalah ini sudah diatur dalam UU No. 22 Tahun 2009. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini yaitu faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan dalam penggunaan jasa ojek online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang menjadi pertimbangan dalam penggunaan jasa ojek online. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sumber data yang digunakan yaitu data data primer dan data sekunder dan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Interview dan dokumentasi, metode analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, Penyajian Data dan Menarik Kesimpulan. Hasil penelitian faktor-faktor yang menjadi pertimbangan dalam penggunaan jasa ojek online (GO-JEK) di Kota Mataram menunjukkan bahwa Stimulus Go-jek yang memengaruhi seseorang konsumen dalam pertimbangan menggunakan go-jek adalah Produk, Harga, dan Service. Faktor internal yang memengaruhi seorang konsumen dalam pertimbangan menggunakan jasa go-jek adalah Persepsi, Motivasi dan Keterlibatan, Pengetahuan dan Gaya Hidup. Faktor sosial yang memengaruhi konsumen dalam pertimbangan menggunakan jasa go-jek adalah Status, Starata dan Ekonomi. Sedangkan faktor lingkungan fisik dan waktu yang memengaruhi konsumen dalam pertimbangan menggunakan jasa go-jek adalah Tidak memiliki kendaraan pribsadi, Angkutan lain lebih mahal, dan Angkutan lain tidak praktis dan higienis.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JIAP

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JIAP (Jurnal Ilmu Administrasi Publik) adalah salah satu jurnal penelitian yang dikelola oleh Program Studi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Muhammadiyah Mataram, p-ISSN 2339-2932 & ISSN Online: 2615-5826. Tiap tahun terbit dua kali yakni bulan Maret dan ...