Equilibrium
Vol 15, No 02 (2018): Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi

PENGARUH KECERDASAN EMOSI, EFIKASI DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIKU (Survei pada Mahasiswa Semester Ganjil 2017-2018 Pendidikan Ekonomi Universitas Kuningan)

Iin Sunarti (Universitas Kuningan)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2019

Abstract

Abstract: Prestasi belajar yang baik merupakan hal yang paling didambakan oleh setiap peserta didik tidak terkecuali mahasiswa yang sedang belajar, prestasi belajar dapat dijadikan indikator keberhasilan seseorang dalam kegiatan belajar.  banyak faktor yang bisa mempngaruhi prestasi belajar diantaranya kecerdasan emosi, efikasi diri dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara kecerdasan emosi,efikasi diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar baik secara simultan, maupun secara parsial. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis dengan jenis penelitian survey, dan teknik analisis dengan Regresi Ganda dan korelasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuessioner, dengan populasi seluruh mahasisa pendidikan ekonomi Semester Ganjil 2017-2018 berjumlah 153 orang. sampel sejumlah 53 orang, penentuan jumlah sampel penulis menggunakan rumus Slovin, dengan teknik pengambilan sampel secara propsional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kecerdasan emosi, efikasi diri, motivasi belajar dan prestasi belajar termasuk katagori tinggi, sedangkan pengaruh kecerdasan emosi, efikasi diri dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar secara simultan cukup signifikan, selain itu secara parsial pengaruhnya juga cukup signifikan. Berdasarkan hasil penelitian penulis memberikan saran : Mahasiswa harus dapat memaksimalkan kecerdasan emosinya, mereka harus bisa mengelola emosinya.. Mahasiswa harus percaya diri atas kemampuan yang dimiliknya, sehingga mereka tidak mudah menyerah ketika mendapat tugas yang sulit untuk dikerjakan. Oleh karena itu mahasiswa harus yakin akan kemampuan yang dimilikinya dan percaya diri bahwa mereka mampu mengerjakan tugas yang diberikan oleh dosen. Dalam membuat tugas harus didasari oleh rasa tanggung jawab bukan hanya ingin dihargai oleh temannya.Kata kunci: kecerdasan emosi,efikasi diri, motivasi belajar

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Equilibrium

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EQUILIBRIUM merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Eonomi FKIP Universitas Kuningan yang memuat karya tulis dan penelitian ilmiah dosen dan mahasiswa dibidang ilmu kependidikan dan Ekonomi. Jurnal EQUILIBRIUM terbit setiap 6 bulan sekali yaitu edisi Januari dan Juli ...