Karya patung landmark sebagai suatu bentuk karya seni bangun, dengan segala fungsi serta misinya, yangdiwujudkan secara kongkrit (visualized) melalui suatu upaya rekayasa simbolis agar dapat tercipta dialogatau komunikasi dengan khalayak luas atau publik. Penelitian penciptaan karya ini menggunakan metodeeksperimentasi, dengan melakukan percobaan-percobaan yang mengedepankan perencanaan mulai dariperancangan, persiapan dan perwujudan karya dalam media. Metode ini diterapkan, dengan melihat sifatdata penelitian penciptaan karya yang pada prosesnya akan dilakukan dengan pembuatan modeling denganmedium kayu, sedangkan aplikasinya dengan tehnik plester yang akan difnishing dengan ekpsperimenwarna seperti warna logam (coklat-merah). Sebagai sebuah karya seni rupa khalayak (public art), patunglandmark dibuat berdasarkan sejumlah prasyarat, kaidah serta prinsip-prinsip yang mendasari, sehinggasesuai dengan maksud dan tujuan dibangunnya sebuah patung publik.Secara visual dan intensitas prosespenggarapan, terkait kerumitan dan kecermatan dari teknik pembangunan seni patung publik, dimunculkanjuga dalam penelitian ini yaitu melalui kekuatan konstruksi, ergonomi keruangan sehingga mampu menjadipenanda identitas bagi kawasan yang akan di gunakan sebagai letak karya patung tersebut yaitu di KawasanKampus 2 FSRD ISI Surakarta.Kata kunci: Representasi, Simbolik, Fenomena Alam, Patung Landmark.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017