YUME : Journal of Management
Vol 2, No 1 (2019)

ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN PENGETAHUAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS BATU-BATU KABUPATEN SOPPENG

Surasdiman Surasdiman (PPs STIE Amkop Makassar)
Gunawan Bata Ilyas (Unknown)
Mansur Azis (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2019

Abstract

ABSTRAK Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Pengetahuan terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Batu-Batu Kabupaten Soppeng (dibimbing oleh Gunawan dan Ikhsan Kadir. Dalam rangka mewujudkan status kesehatan masyarakat yang optimal, maka berbagai upaya harus dilaksanakan, salah satu di antaranya ialah menyelenggarakan pelayanan kesehatan. Penyelenggaraan pelayanan kesehatan untuk masyarakat di tingkat dasar di Indonesia adalah melalui Pusat Kesehatan Masyarakat. Penelitian ini bertujuan Mengetahui dan menganalisis Pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan pengetahuan terhadap kepuasan. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 23 Februari sampai 23 Maret 2018 di Puskesmas Batu-Batu Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel pasien dan menggunakan daftar pernyataan dari kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Analisis data dengan regresi linear berganda menggunakan software SPSS. Hasil peneltian menunjukkan nilai sig 0,00<0,05 dan t hitung 4,424>2,251 pada kualitas nilai sig 0,001<0,05 dan t hitung 3,376>2,251 pada fasilitas 3,384>2,251 pada pengetahuan. Faktor yang paling dominan berpengaruh adalah kualiatas. Persamaan regresi Y=0,480+0,228X1+0,174X2+0,172X3. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat pengaruh signifikan kualitas, fasilitas dan pengetahuan terhadap kepuasan pasien. Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Pengetahuan dan Kepuasan Pasien

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

yume

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Health Professions Social Sciences

Description

YUME : Journal of Management menerbitkan naskah artikel 3 kali dalam setahun (April, Agustus dan Desember), berisikan artikel dalam bidang Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Operasional, Manajemen Sratejik, Perilaku Organisasi, Corporate Governance, ...