JABE (Journal of Applied Business and Economic)
Vol 1, No 3 (2015): JABE

FORMULASI STRATEGI PERUSAHAAN DALAM MENGHADAPI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Dwi Rorin Mauludin Insana (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi faktor-faktor strategis lingkungan eksternal dan internal perusahaan yang secara kritis mempengaruhi posisi perusahaan, (2) memformulasikan alternatif strategi yang dapat dilakukan perusahaan dalam menghadapi perubahan lingkungan, (3) memberikan rekomendasi alternatif strategi yang paling sesuai untuk diterapkan oleh perusahaan.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan studi kasus. Penentuan sampel penelitian dilakukan secara purposive sampling.  Data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan data sekunder.  Data primer diperoleh dari pengamatanlangsung di lapangan melalui wawancara dan pengisian kuisioner kepada responden yang mengacu pada daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan secara bertahap.  Sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka dari berbagai sumber yang relevan. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan menggunakan matriks IFE, matriks EFE, matriks IE, matriks SWOT, dan matriks Quantitative Strategic Planning (QSP). Dari hasil identifikasi faktor-faktor stategis eksternal dan internal yang kemudian dianalisis dalam matriks SWOT maka diperoleh lima  alternatif  strategi yaitu, strategi penetrasi dan pengembangan pasar, strategi pengembangan produk, strategi pengembangan SDM, strategi pemeliharaan dan pelayanan pelanggan dan strategi fokus.  Adapun strategi yang diprioritaskan oleh perusahaan berdasarkan hasil analisis matriks QSP tersebut adalah strategi penetrasi dan pengembangan pasar dengan total nilai daya tarik (TAS) sebesar 5.533, strategi prioritas selanjutnya adalah strategi pemeliharaan dan pelayanan pelanggan dengan nilai TAS sebesar 5.296, sedangkan strategi prioritas ketiga adalah strategi pengembangan SDM dengan nilai TAS sebesar 4.204.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JABE

Publisher

Subject

Description

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is a journal published by Universitas Indraprasta PGRI, issued four times in one year. JABE (Journal of Applied Business and Economic) is a scientific publication in the form of conceptual paper and field research related to business and economic ...