JABE (Journal of Applied Business and Economic)
Vol 3, No 2 (2016): JABE

Shopping Convenience UMKM Jakarta dan Yogyakarta melalui Viral Marketing Media Fanpage

Tjipto Djuhartono (Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI)
Ai Annisaa Utami (Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI)
Wening Estiningsih (Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui shopping convenience konsumen UMKM yang mengarah pada keuntungan yang di terima oleh konsumen dan kualitas yang diterima oleh konsumen karena pembelian secara on line melalui viral marketing media fanpage. Metode penelitian dilakukan secara deskriptif yang bersifat follow up study dengan objek penelitian UMKM yang terdapat di Yogyakarta dan Jakarta, teknik sampling dilakukan secara purposive. Indikator Shopping convenience yang dibahas dalam penelitian ini adalah ease of use dan usefulness. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa viral marketing dengan media fanpage meningkatkan shopping convenience konsumen dalam melakukan kegiatan transaksi jual beli online. Tingkat shopping convenience konsumen atas ease of use dimana konsumen percaya bahwa teknologi fanpage dapat digunakan dengan mudah dan bebas dari masalah sebesar 86% masuk dalam klasifikasi sangat setuju dari total responden, sedangkan shopping convenience konsumen atas usefulness sebesar 79% masuk dalam klasifikasi setuju dimana konsumen percaya bahwa penggunaan fanpage akan meningkatkan performa mereka dalam membeli dan memilih barang secara online

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JABE

Publisher

Subject

Description

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is a journal published by Universitas Indraprasta PGRI, issued four times in one year. JABE (Journal of Applied Business and Economic) is a scientific publication in the form of conceptual paper and field research related to business and economic ...