Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui shopping convenience konsumen UMKM yang mengarah pada keuntungan yang di terima oleh konsumen dan kualitas yang diterima oleh konsumen karena pembelian secara on line melalui viral marketing media fanpage. Metode penelitian dilakukan secara deskriptif yang bersifat follow up study dengan objek penelitian UMKM yang terdapat di Yogyakarta dan Jakarta, teknik sampling dilakukan secara purposive. Indikator Shopping convenience yang dibahas dalam penelitian ini adalah ease of use dan usefulness. Hasil dari penelitian ini membuktikan bahwa viral marketing dengan media fanpage meningkatkan shopping convenience konsumen dalam melakukan kegiatan transaksi jual beli online. Tingkat shopping convenience konsumen atas ease of use dimana konsumen percaya bahwa teknologi fanpage dapat digunakan dengan mudah dan bebas dari masalah sebesar 86% masuk dalam klasifikasi sangat setuju dari total responden, sedangkan shopping convenience konsumen atas usefulness sebesar 79% masuk dalam klasifikasi setuju dimana konsumen percaya bahwa penggunaan fanpage akan meningkatkan performa mereka dalam membeli dan memilih barang secara online
Copyrights © 2016