Guru adalah pendidik dengan tugas utama adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik. Untuk melaksanakan tugasnya secara profesional seorang guru tidak hanya memiliki kemampuan edukatif, tetapi juga harus memiliki kepribadian yang dapat diandalkan sehingga menjadi sosok panutan bagi siswa, keluarga maupun masyarakat.Pemerintah memberikan perhatian yang sungguh-sungguh kepada guru berprestasi melalui Pemilihan Guru SMK Berprestasi baik di tingkat satuan pendidikan, Provinsi, maupun Nasional.Berkaitan dengan hal tersebut, pemilihan guru SMK berprestasi di tingkat satuan pendidikan khususnya di lingkungan SMK masih dilakukan secara manual, yang dapat menyebabkan hasil keputusan menjadi kurang objektif.Pada penelitian ini, dicoba proses pemilihan Guru SMK Terbaik di lingkungan SMK melalui sebuah sistem pendukung keputusan menggunakan metode Analytical Network Process (ANP) dan kompetensi Gomes. Metode ini dipilih karena mampu menyeleksi alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksudkan yaitu untuk menentukan guru SMK Berprestasi. Kriteria yang digunakan dalam proses seleksi adalah kriteria kompetensi Gomes, yang terdiri dari 8 (delapan) kriteria yang diuraikan menjadi 26 sub kriteria. Hasil penelitian ditujukan untuk memberikan saran bagi SMK dalam pengambilan keputusan khususnya terkait pemilihan Guru SMK Berprestasi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2017