JABE (Journal of Applied Business and Economic)
Vol 1, No 4 (2015): JABE

ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK AKTE KELAHIRAN DI KODYA JAKARTA SELATAN

Indra Setiawan Purba (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2015

Abstract

Pelayanan publik merupakan segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik yang pada prinsipnya menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah.Akte kelahiran merupakan hak dasar seorang warganegara untuk memperoleh berbagai hak dasar seperti kesehatan dan pendidikan , akte kelahiran yang di terima masyarakat erat kaitannya dengan pelayanan publik yang diberikan. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui tingkat pelayanan publik pada pelayanan akte kelahiran  di Kotamadya Jakarta selatan. Dalam kenyataannya padatahun 2011 data BPS mencatat secara nasional anak usia 0-18 tahun yang telah memiliki akta kelahiran hanya mencapai sekitar 64%. Besarnya jumlah akte kelahiran sangat terkait dengan pelayanan pada Suku Dinas Dukcapil di wilayah Jakarta Selatan tempat penelitian ini. Dari penelitian ini diketahui bahwa ada gap antara apa yang di harapkan oleh masyarakat dan pelayanan actual yang diterima masyarakat dalam elemen kualitas jasa (service quality).

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JABE

Publisher

Subject

Description

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is a journal published by Universitas Indraprasta PGRI, issued four times in one year. JABE (Journal of Applied Business and Economic) is a scientific publication in the form of conceptual paper and field research related to business and economic ...