Majalah Ilmiah UNIKOM
Vol. 13 No. 2 (2015): Majalah Ilmiah Unikom

INTEGRASI PENERAPAN KONSEP CRM PADA BISNIS KULINER

Yustim, Benny (Unknown)
HARIYANTO, BUDI (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2015

Abstract

Pelayanan kepada pelanggan memegang peranan penting dalam memajukan perusahaan sehingga peningkatan pelayanan harus dilakukan secara tepat agar proses layanan dapat berjalan secara optimal. Maka dari itu, jika pela-yanan kepada pelanggan kurang memuaskan maka akan merugikan bagi pe-rusahaan itu sendiri maupun para pelanggan. Kesulitan dalam mempertahankan keberadaan pelanggan yang loyal dan meningkatkan jumlah pelannggan baru meupakan tantangan sendiri dalam mempertahankan bisnis kuliner. Integrasi konsep Customer Relationship Management (CRM) dengan memanfaatkan platform web dan mobile. Diharapkan hal ini dapat memberikan berbagai kemudahan dalam menjalin komunikasi yang terus-menerus dengan pelanggan. Implementasi konsep CRM dengan memanfaatkan berbagai platform diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan pelanggan dan perusahaan serta memberikan kemudahan dalam proses peningkatan pelayanan sehingga menjadi media informasi kepada pelanggan dengan biaya yang relatif lebih murah.Keywords : Customer Relationship Management (CRM), Web, SMS

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

jurnal-unikom

Publisher

Subject

Arts Humanities Computer Science & IT Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Majalah Ilmiah Unikom (MIU), adalah wadah informasi berupa hasil penelitian, studi kepustakaan, gagasan, aplikasi teori dan kajian analisis kritis di masing-masing bidang kelimuan. Majalah Ilmiah Unikom (MIU) diterbitkan dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan April dan ...