Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah; mengetahui kepuasan penumpang KM. Melanau Khatulistiwa II jurusan Rasau Jaya - Teluk Batang (PP). Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah diagram kartesius. Populasi dalam penelitian ini adalah penumpang KM.Melanau Khatulistiwa II dengan jumlah 100 responden.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa; Kaudran A menunjukkan faktor atau atribut yang dianggap mempengaruhi kepuasan konsumen, termasuk unsur-unsur jasa yang dianggap sangat penting, namun manajemen belum melaksanakannya sesuai keinginan konsumen sehingga mengecewakan /tidak puas faktor tersebut adalah: Tangible (Bukti Fisik) dan Responsiveness (Daya Tanggap). Kuadran B menunjukkan unsur jasa pokok yang telah berhasil dilaksanakan perusahaan, untuk itu harus dipertahankan. Unsur ini dianggap sangat penting dan sangat memuaskan. Faktor tersebut adalah Reliability (Keandalan). Kuadran D menunjukkan faktor yang kurang penting, tetapi pelaksanaannya berlebihan. Faktor ini dianggap kurang penting, tapi sangat memuaskan. Faktor-tersebut adalah Assurance (Jaminan) dan Empthy (Empati). Kata Kunci: Kepuasan, Pelayaran, KM.Melanau Khatulistiwa.
Copyrights © 2017