CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Vol. 6 No 2: September 2018

Interaksi Antara Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu

Arsyad Abd. Gani (Universitas Muhammadiyah Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2018

Abstract

PSiswa kelas IX SMP Negeri 15 Mataram kesulitan dengan luasnya materi ajar yang harus dikuasai. Siswa mesti menyiapkan empat LKS (LKS geografi, sejarah, ekonomi dan sosiologi) dalam setiap pembelajaran IPS, demikian pula dengan tugas yang diberikan guru. Ketika guru bercerita, banyak siswa mengantuk, media pelajaran juga terbatas pada peta, globe dan gambar yang siswa ditugaskan untuk mencari sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh utilitas multimedia dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada IPS terpadu. Data dikumpulkan melalui survei beberapa bulan ke Sekolah Menengah Umum SMP Negeri 13 Mataram. Melibatkan 108 siswa telah dipilih secara sistematis dari populasi target 240 siswa baik mereka yang gaya belajar visual atau pendengaran yang dipilih dengan cermat. Data dikumpulkan melalui tes prestasi belajar dan dianalisis secara statistik dengan menerapkan serangkaian perhitungan Anova. Penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan multimedia secara efektif meningkatkan prestasi belajar siswa untuk kedua gaya belajar. Di sisi lain, penggunaan media konvensional tidak membawa dampak signifikan terhadap prestasi belajar siswa baik pada gaya belajar visual maupun auditori. Akhirnya, disarankan kepada para guru terutama untuk memberikan banyak perhatian pada pemanfaatan multimedia dalam pengajaran terutama dalam pengajaran ilmu sosial. Demikian pula, disarankan kepada guru untuk mempertimbangkan gaya belajar siswa. Grade IX students SMP Negeri 15 Mataram difficulties with the breadth of teaching materials that must be mastered. Students must prepare four LKS (LKS geography, History, Economics, and sociology) in each study of IPS, as well as the assignment,  was given by the teacher. When teachers tell stories, many students are sleepy, media lessons are also limited to maps, globe, and images that students are tasked to search for themselves. The study aims to find out the influence of multimedia utilities and learning styles of students towards students ' learning achievements in IPS integrated. Data was collected through a few months survey to the 13 Mataram public High School. It involves 108 students have been systematically selected from the target population of 240 good students whose visual or hearing style is carefully selected. Data is gathered through learning performance tests and analyzed statistically by implementing a series of calculations of Anova. Research reveals that using multimedia effectively enhances student learning achievements for both learning styles. On the other hand, the use of conventional media does not bring a significant impact on student learning performance in both visual and auditory styles. Finally, it is recommended to the teachers especially to give a lot of attention to the utilization of multimedia in teaching especially in the teaching of social sciences. Similarly, it is advisable for teachers to consider the learning style of students.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

CIVICUS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Civicus merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Mataram dengan e-ISSN 2614-509X dan p-ISSN 2338-9680. Adapun kajian publikasi jurnal Civicus yakni (1) Ilmu ...