Abstrak. Jalan raya merupakan faktor utama dari suatu sistem transportasi darat. Pada daerah pedalamantransportasi jalan raya telah membawa perubahan besar. Sedangkan pada daerah perkotaan, jalan dapatmenentukan sifat dan karakteristik struktur kota itu sendiri, yakni mengenai baik tidaknya tata ruang kotatersebut.Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan volume lalu lintas, pelaksanaan metodepelebaran jalan, menentukan tebal perkerasan lentur, volume biaya perencanaan tebal perkerasanlentur.Data volume lalu lintas ruas jalan bulu memperlihatkan tingkat kenaikan volume lalulintas.Tercatat tahun 2015 – 2019 dengan total 73.827,5 lalu lintas harian rata-rata.Kapasitas jalanmenunjukkan total 3100 smp/jam.Kelayakan jalan ditinjau dari segi lalu lintas yangakanditentukanberdasarkannilaiderajatkejenuhan yang baik, yaitu> 0,79. Volume biaya perencanaanpekerjaan berbutir 2 sisi = 3600 m3. Lapis pondasibawahagregatkelas B 2 sisi = 1500 m3. Lapis pondasiatas agregat kelas A 2 sisi = 1200 m3. Pekerjaan perkerasan aspal ; lapis pengikat 2 sisi= 12m3, lapisperekat 2 sisi= 12m3, ac lastonms 744 = 24000 m2.Kata kunci :volume lalulintas, volume pekerjaan, biaya, jalanraya, pelebaranjalan,derajad kejenuhan
Copyrights © 0000