Energy : Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Teknik
Vol 8 No 2 (2018): Jurnal ENERGY Vol. 8 No. 2 Edisi Nopember 2018

Strategi Cyber Marketing Untuk Meningkatkan Jumlah Penerimaan Mahasiswa Baru

Ninanesia Rusdiana (Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Taruna Probolinggo)
Heri Susanto (Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Taruna Probolinggo)
Jamal Jamal (Akademi Manajemen Informatika dan Komputer Taruna Probolinggo)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2018

Abstract

Sebuah perguruan tinggi swasta bidang IT (Information Teknology) di sebuah kota di Jawa Timur sedang menghadapi trend penurun penerimaan mahasiswa baru dalam beberapa tahun terakhir. Analisis terhadap kondisi yang ada baik aspek internal lembaga dengan mengidentifikasi kualitas layanan kepada mahasiswa dan aspek eksternal untuk mengetahui pandangan calon-calon mahasiswa terhadap lembaga. Selain itu juga dilakukan analisis terhadap peluang dan ancaman yang dapat berpengaruh terhadap jumlah pendaftar mahasiswa baru. Analisis terhadap faktor penunjang penerimaan mahasiswa baru menunjukkan variabel “kualitas perguruan tinggi yang memberikan kesan baik“ mempunyai pengaruh yang paling signifikan. Diidentifikasi strategi pemasaran yang telah dilakukan sebagai acuan untuk perbaikan. Kajian strategi pemasaran berbasis IT (metode cyber) untuk dapat memperkuat strategi pemasaran yang telah berjalan untuk meningkatkan jumlah penerimaan mahasiswa baru. Ditetapkan target sekolah-sekolah yang siswanya potensial sebagai calon pendaftar mahasiswa baru. Metode cyber yang disarankan adalah merevitalisasi fungsionalitas website lembaga, penggunaan facebook, medsos, TV dan Radio lokal untuk media pemasaran. Kesimpulan yang diambil dan sebagai saran kepada lembaga agar dapat meningkatkan jumlah penerimaan mahasiswa baru yaitu menyelesaikan permasalahan yang telah teridentifikasi untuk meningkatkan reputasi lembaga, meningkatkan kualitas dan efektivitas metode pemasaran konvensional yang telah berjalan dan menggunakan metode cyber untuk memperkuat metode konvensional. Kata Kunci : layanan, mahasiswa, image building, konvensional, cyber

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

energy

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Automotive Engineering Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal Energy merupakan jurnal ilmiah ilmu-ilmu teknik yang diterbitkan Fakultas Teknik Universitas Panca Marga Probolinggo. Jurnal ini terbit secara teratur, dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Mei dan November. Jurnal Energy merupakan media informasi dan komunikasi dari berbagai hasil ...