Jurnal Ilmiah Ecobuss
Vol 5 No 1 (2017): Ecobuss Maret 2017

Pengaruh Produksi Syari’ah dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Pada PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Syati’ah Probolinggo

Mutimmah Rustianawati (Unknown)
Lukman Hakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Syari’ah Probolinggo, dengan tujuan yang diharapkan dapat dicapai adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh produk syari’ah dan promosi penjualan secara simultan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT BTN Tbk. KCP Syari’ah Probolinggo. 2) Untuk mengetahui pengaruh produk syari’ah dan promosi penjualan secara parsial terhadap keputusan nasabah menabung pada PT BTN Tbk. KCP Syari’ah Probolinggo. 3) Untuk mengetahui variabel di antara produk syari’ah dan promosi penjualan yang berpengaruh dominan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT BTN Tbk. KCP Syari’ah Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian korelasional, dengan variabel bebas yaitu produk syari’ah dan promosi penjualan, dan variabel terikat yaitu keputusan menabung, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 64 orang dengan kriteria nasabah yang menabung dan calon nasabah yang memerlukan informasi produk syari'ah. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh produk syari’ah dan promosi penjualan secara simultan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT BTN Tbk. KCP Syari’ah Probolinggo dibuktikan engan uji hipotesis secara simultan yaitu Fhitung = 15,067 lebih besar dari nilai Ftabel = 3,148 (Fhitung > Ftabel) dengan nilai probabilitas (Sig. F) = 0,00 <  (0,05). Pengaruh produk syari’ah dan promosi penjualan secara parsial terhadap keputusan nasabah menabung pada PT BTN Tbk. KCP Syari’ah Probolinggo dibuktikan uji hipotesis secara parsial yaitu nilai thitung X1 = 3,530 > ttabel = 2,298 dengan nilai probabilitas (Sig. t) = 0,001 < /2 (0,05/2=0,025) sedangkan nilai thitung X2 = 2,542 > ttabel = 2,298 dengan nilai probabilitas (Sig. t) = 0,014 < /2 (0,05/2=0,025). Variabal variabel produk syari’ah yang berpengaruh dominan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT BTN Tbk. KCP Syari’ah Probolinggo yang ditunjukkan dengan nilai koefisien beta variabel X1 = 0,400 lebih besar dari nilai koefisien beta variabel X2 = 0,288. Kata kunci : Produk Syari’ah, Promosi Penjualan, Keputusan Menabung

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

ecobuss

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ecobus adalah hasil penelitian dan hasil pemikiran dari Civitas Fakultas Ekonomi dan pihak luar yang berminat pada perkembangan ilmu ekonomi serta terbit secara berkala setiap bulan maret dan bulan september pada tahun 2015 dan akan terbit secara berkala setiap dua kali dalam satu ...