Pelanggan merupakan salah satu faktor penentu sebuah perusahaan untuk terussurvive dalam persaingan bisnis. Hal ini dilakukan agar pelanggan menjadi loyalterhadap sebuah perusahaan. Tingkat loyalitas ini dapat tercapai dengan adanyaCustomer Relationship Mangement (CRM) yang tepat sasaran sehingga terciptahubungan yang baik dan saling menguntungkan dengan para pelanggannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh CRM terhadap loyalitaspelanggan XL Axiata Sampang. Dasar penelitian ini menggunakan pendekatankuantitatif deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data dengan studipendahuluan, wawancara dan kuesioner serta studi kepustakaan. Subjekpenelitian ini adalah penduduk yang berdomisili Sampang tepatnya di kelurahanBanyuanyar. Penelitian ini mengambil sampel dengan teknik isidental dan terdapat40 responden yang peneliti temui setelah menyediakan 60 lembar angket. Hasilpenelitian ini menunjukkan bahwa CRM berpengaruh secara positif dan signifikanterhadap loyalitas pelanggan XL Axiata Sampang. Hasil ini dapat dilihat padaanalisis regresi sederhana dimana hasil dari perhitungannya adalah Y = 1,043+0,687 X. Dan nilai R sebesar 47,4% sedangkan nilai R square 22,5%. Data yangdiperoleh selanjutnya juga dihitung menggunakan teknik presentasi denganperhitungan SPSS 16 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adapengaruh CRM terhadap Loyalitas pelanggan XL Axiata Sampang dengan hasilt-hitung sebesar 3,322
Copyrights © 2018