Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)
Vol 2, No 2 (2017): Vol 2, No 2 (2017): Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Infor

SISTEM INFORMASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DENGAN PENAMBAHAN FITUR PERAMALAN TINGKAT CUSTOMER COMPLAIN MENGGUNAKAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING (STUDI KASUS:PT. SATNETCOM BALIKPAPAN)

Puspitasari, Novianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengembangkan sistem Customer Relationship Management untuk memudahkan dalam melakukan pendataan customer agar lebih efektif dan efisien serta memberikan penambahan fitur yang mampu  menentukan peramalan tingkat komplain customer. Perancangan dan pembangunan sistem informasi CRM ini berbasis aplikasi web sehingga dapat mempermudah, mempercepat dan mengurangi tingkat kesalahan dalam pengolahan data. Sistem Informasi Customer Relationship Management ini dapat melakukan perhitungan peramalan dalam prediksi tingkat jumlah konsumen yang komplain. Data historis yang dihitung menggunakan metode single exponential smoothing pada periode bulan Januari 2016 – Juni 2016. Pengujian hasil peramalan menggunakan Mean Absolute Percentage Error. Metode peramalan menggunakan single exponential smoothing dengan konstanta α = 0,2 dan pengujian hasil peramalan memiliki tingkat akurasi sebesar 84%-80% dengan nilai error sebesar 16%-20% yang dapat dikategorikan baik.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

SAKTI

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Proceeding SAKTI has a redaction under the Faculty of Computer Science and Information Technology (FKTI), Mulawarman University. The editorial board consists of lecturers of the Faculty of Computer Science and Information Technology (FKTI) in various fields of expertise such as Software Engineering, ...