Prosiding SAKTI (Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi)
Vol 1, No 1 (2016): Vol 1, No 1 (2016): Prosiding Seminar Nasional Ilmu Komputer dan Teknologi Infor

PEMBUATAN GAME ‘MATH TASK’ DENGAN METODE FUZZY TSUKAMOTO

Arifin, Zainal (Unknown)
Kridalaksana, Awang Harsa (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2016

Abstract

Game edukasi merupakan jenis game yang memuat unsur-unsur edukasi dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan pemain. Kebutuhan akan game edukasi menjadi semakin besar mengingat game yang beredar dan dinikmati publik mayoritas masih sebatas game biasa yang tidak memuat unsur pendidikan, sehingga hal ini yang melatar belakangi pembangunan game ‘Math Task’. Game ini adalah game edukasi yang berhubungan dengan operasi-operasi dasar yang ada pada matematika. Penelitian ini mencoba untuk menerapkan metode fuzzy Tsukamoto untuk menentukan skor yang didapat pemain saat menjawab sebuah soal yang diberikan. Pemain akan mendapatkan skor dengan rentang tertentu berdasarkan jenis subgame yang dimainkan dan menggunakan dua variable untuk menentukan nilai fuzzy yaitu variable kombo dan variable waktu. Pengembangan sistem ini menggunakan bahasa pemerograman Java dan menggunakan framewok Libgdx sebagai framework pengembangan sistem.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

SAKTI

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Proceeding SAKTI has a redaction under the Faculty of Computer Science and Information Technology (FKTI), Mulawarman University. The editorial board consists of lecturers of the Faculty of Computer Science and Information Technology (FKTI) in various fields of expertise such as Software Engineering, ...