Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal of Midwivery Science)
Vol 3, No 3: Desember 2015

PERSEPSI MAHASISWA TENTANG FASILITAS BELAJAR PADA PRESTASI BELAJAR

Widy Nurwiandani (Akademi Kebidanan Yogyakarta,)
Bhisma Murti Murti (Universitas Sebelas Maret)
Hari Wujoso (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2015

Abstract

Latar belakang:Keberhasilan pendidikan akan tercapai apabila prestasi belajar yang dihasilkan dalam proses pendidikan tersebut memuaskan. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran seorang individu terdiri dari tiga macam, yakni faktor internal (faktor dari dalam individu), faktor eksternal (faktor dari luar individu), dan faktor pendekatan belajar (approach to learning). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh persepsi fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional kuantitatif dengan rancangan cross sectional.Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Tingkat III Akademi Kebidanan Estu Utomo dan mahasiswa Yappi Sragen. Sampel sebanyak 40 mahasiswa dengan teknik simple random sampling. Alat pengumpul data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan program SPSS. Hasil:Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan secara statistik signifikan antara pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. (b1= 0,55; CI = 95%; 0,24 hingga 0,86; p = 0,001). Simpulan:Penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh persepsi mahasiswa tentang fasilitas belajar terhadap prestasi belajar.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JIK

Publisher

Subject

Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health

Description

Focus and Scope Jurnal Ilmu Kebidanan (Journal of Midwivery Science) Pregnancy Labor Post Partum Pathology Midwifery community Family planning Reproduction health. ...