Abstrak Perilaku kekerasan antar siswa disekolah akhir – akhir ini semakin meningkat. Perilaku kekerasan yang ditampilkan tidak hanya dilakukan oleh peserta didik tingkat SMA dan SMP, bahkan di tingkat SD pun sudah banyak terjadi. Perilaku kekerasan antar siswa ini lebih dikenal dengan nama Bullying. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian Bullying Pada Anak Kelas IV, V, Dan VI SD, Di SD X Kota Padang. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan desain penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional dengan sampel penelitian sebanyak 129 siswa dengan metode proportional sampling. Data dianalisis dengan menggunakan uji statistik Chi Square dan analisis regresi logistik ganda. Hasil analisis penelitian menunjukkan variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap kejadian Bullying adalah faktor lingkungan dengan P Value 0,073 (OR = 4,092) dan dapat diartikan bahwa jika siswa SD terpapar faktor lingkungan yang beresiko Bullying sebanyak satu kali, maka siswa SD tersebut akan beresiko untuk berperilaku Bullying sebanyak 4 kali. Disarankan elemen pendidikan yang meliputi guru-guru dan perangkat sekolah, keluarga, siswa untuk memutus rantai kekerasan ini, sehingga bullying tidak dianggap sebagai hal yang lumrah dan dilakukan pembiaran terhadap perilaku ini. Kata kunci: perilaku kekerasan; bullying; siswa
Copyrights © 2018