AbstrakTubuh menjadi bagian dari semiotika komoditi kapitalisme yang diperjualbelikan tanda, makna dan hasratnya. Menjadikan perempuan sebagai komoditi media sama saja’meminggirkan’ perempuan. Adanya peran konstruksi perbedaan gender menjadikan posisi perempuan di dalam majalah pria dewasa dijadikan sebagai objek pemuas tatapan pria.Penelitian menunjukkan bahwa Majalah For Him Magazine (FHM) edisi Indone sia dalam menampilkan profil selebritas perempuan Indonesia selalu mengaitkan dengan daya pikat tubuh mereka melalui teknik-teknik fotografi dan mode (fashion) pakaian yang digunakan oleh mereka di Rubrik Hot Stuff. Fotofoto di Rubrik Hot Stuff Majalah FHM yang diteliti cenderung menonjolkan bagian tubuh daerah wajah, leher, dada, lengan, le kuk tubuh, bokong, paha, betis dan punggung. Komodifikasi tubuh perempuan di dalam Majalah FHM jelas ada melalui proses signifiakasi penanda dan petanda yang ada kela tubuh perempuan menjadi objek tanda yang terdapat dalam suatu sistem tanda di suatu media, yaitu sistem ekonomi kapitalis Kata kunci : semiotika, tubuh perempuan, komoditas media
Copyrights © 2015