Jurnal Ilmiah AL-Jauhari Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner
Vol. 1 No. 1 (2016): Jurnal Ilmiah AL-Jauhari

AKTUALISASI KEIKHLASAN DALAM PENDIDIKAN; TELAAH ATAS NOVEL LASKAR PELANGI

Haris K Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2016

Abstract

Nilai-nilai keikhlasan dalam novel Laskar Pelangi dapat dideskripsikan berdasarkan ciri-ciri keikhlasan yang dijadikan sebagai indikator untuk menganalisis isi novel yaitu; a) bersemangat dalam melaksanakan amal kebajikan. b) sabar dan tidak mengeluh. c) tidak mencari pujian atau cacian. Keikhlasan tersebut diekspresikan oleh komunitas sekolah Muhammadiyah Belitong; a) para guru tidak hanya menunjukkan nilai-nilai keikhlasan dalam pembelajaran di kelas, tetapi juga menunjukkan nilai-nilai keikhlasan dalam bentuk contoh dan keteladanan sehingga lebih mudah diterapkan murid-murid, b) para murid yang menjadi anggota Laskar Pelangi secara berimbang menunjukkan nilai-nilai keikhlasan sekaligus ketidakikhlasan dalam setiap aktivitas baik aktivitas pembelajaran maupun pergaulan sehari-hari di antara mereka. Nilai-nilai keikhlasan dalam Novel Laskar Pelangi sangat relevan dengan pengembangan pendidikan Islam sehingga dapat diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari serta dapat dikontekstualisasikan dalam berbagai bidang aktivitas sehingga proses pendidikan Islam tidak hanya berlaku di lembaga pendidikan, melainkan pula dalam semua aktivitas, dalam hal ini menjalani kehidupan dengan penuh keikhlasan. Keikhlasan yang dikisahkan dalam novel Laskar Pelangi dapat diaktualisasikan secara kontekstual pada lingkungan kerja, keluarga, pemerintah dan di lingkungan masyarakat pada umumnya.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

aj

Publisher

Subject

Arts Humanities

Description

Jurnal Ilmiah AL-Jauhari Jurnal Studi Islam dan Interdisipliner adalah jurnal yang diterbitkan oleh IAIN Sultan Amai Gorontalo, terbit setahun dua kali pada bulan Juni dan Desember. Fokus kajian adalah Studi Islam Interdisipliner yang menampilkan hasil penelitian tentang keislaman. print ISSN: ...