Georafflesia : Artikel Ilmiah Pendidikan Geografi
Vol 3 No 2 (2018)

Pemetaan Pengetahuan Kesiapsiagaan Siswa Terhadap Bencana Gempa Bumi Dan Tanah Longsor Sekolah Muhammadiyah Di Kabupaten Karanganyar

Kharina Rahmanika (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Danick Wahyu Pratiwi (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Henny Novita Sari (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Iqbal Ghozy Murtadlo (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Muhammad Anis Toha (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Candra Andi Wardoyo (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa terhadap bencana gempa bumi dan tanah longsor. Penelitian dilakukan pada sekolah-sekolah Muhammadiyah di Kabupaten Karanganyar. Metode penelitian ini menggnakan deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data antara lain observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa tingkat pengetahuan siswa menengah tentang bencana gempa bumi dengan persentase tertinggi yaitu berada di Kecamatan Kebakkramat dengan persentase sebesar 65.29% memilik kategori siap berdasarkan indeks kesiapsiagan bencana tingkat pengetahuan terendah tentang bencana gempa bumi di Kecamatan Jatiyoso memiliki persentase 49.83% memiliki kategori tidak siap berdasarkan indeks kesiapsiagaan bencana. Tingkat pengetahuan tertinggi tentang bencana tanah longsor di Kecamatan Karangpandan memiliki persentase 70.82%. Tingkat pengetahuan terendah tentang bencana tanah longsor di Kecamatan Kebakkramat memiliki persentase 59.62% dan memiliki kategori siap berdasarkan indeks kesiapsiagaan bencana

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

georafflesia

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Environmental Science Social Sciences

Description

Journal Of Georafflesia: Scientific Article Education This Geography focuses on the problems that exist in the realm of education, physical geography, and social geography. The educational domain is all articles that illustrate the problem of education in all science clusters and Applied Models of ...